Thursday 9 February 2017

Atlantica Online - Turn-Based Tactical MMORPG Terbaik Hingga Saat Ini !

Atlantica Online adalah Turn-Based Tactical Massive Multiplayer Online Role-Playing Games (MMORPG) yang dirilis pada Januari 2008 lalu ini merupakan salah satu game online yang pernah meramaikan industri game tanah air selama 6 tahun mulai 2010 hingga akhirnya menutup layanannya pada 20 April 2016 lalu.

Game yang satu ini memang selalu ramai dengan player karena permainannya yang tidak membosankan, terbukti dengan beragamnya sistem pertarungan yang ada, seperti mode klasik dimana kita menjalankan satu buah party dengan 9 hero (1 karakter utama + 8 mercenary) mealawan mosnter di field, mode TBS / Troy yang lebih sulit karena map yang luas dengan jumlah mosnter yang lebih banyak, Colloseum (PvP) hingga mode terbarunya yaitu AoA.

Selain Gameplaynya yang unik dan bermacam-macam, Atlantica juga memiliki cerita fantasy yang menarik dengan menggabungkan banyak unsur seprti sejarah, mitologi, kultur dsb dengan berdasar pada geografis dunia dan dunia fantasy atlantis.

Untuk masalah job yang disediakan, banyak sekali yang dibedakan menjadi 3 jenis karakter, ada Petualang, Hero dan Atalantis yang dapat kita mainkan dengan beragam job, diantaranya ada Sword, Spear, Axe, Gun, Bow, Cannon, Guitar, Staff, Dual Sword, Whip, Battle Staff dan Celestial Archer dan tidak menutup kemungkinan untuk muncul job-job baru nantinya. Dalam pembuatan karakter sendiri tidak ada gender lock dengan beberapa pilihan wajah, rambut dan warna rambut.

Dalam permainan, kita dapat mengelola pasukan hingga 9 orang (termasuk karakter kita sendiri) yang terbagi dalam beberapa class diantaranya Sword, Spear, Gun, Cannon, Archer, Whip, Dual Sword, Staff, Axe, Power Saw, Fist dan Mastreo yang dibekali dengan kemampuan unik di setiap mercenary dan tentunya kita bisa berganti-ganti mercenary sesuai keinginan.

Untuk merekrut mercenary baru, bisa kita lakukan melalui beberapa cara, seperti membeli dari NPC, menjalankan Quest tertentu atau kita juga bisa mendapatkan mercenary dengan membeli Sealed Orb dari Market ataupun My Store.

Pengelolaan karakter bisa dibilang cukup sulit karena bukan hanya karakter utama saja yang harus dikelola persenjataan, level, status hingga skillnya, namun para mercenarymu pun juga harus dikelola agar formasi kuat menghadapi mosnter-monster yang makin kuat, brutal dan mematikan.

Yang terlihat paling mencolok dari game ini adalah sistem ekonomi yang sangat bebas, dimana pemain berinteraksi langsung dengan pemain lainnya dalam jual beli item langsung ke Market yang ada di setiap kota, memberi harga sendiri dan menunggu pemain lainnya untuk membeli item tersebut. Bukan hanya via Market, kita juga bisa berjualan lewat Trading Post, My Store, Barter dengan pemain lain hingga melelang item tersebut melalui NPC khusus.

Game MMORPG tidak lengkap rasanya bila tidak ada Guild. Dalam Atlantica Online Guild sendiri memiliki peranan penting dalam sistem permainan. Dengan mengikuti / memiliki guild, kita dapat mengakses Dungeon khusus, Mengatur Kota (populasi, dana, fasilitas, dsb) hingga membentuk Nation dengan Guild Lain dengan benefit yang lebih banyak dan menguntungkan.

Bosan dengan membunuh para monster yang tidak ada habisnya? kita bisa bersantai juga kok di Atlantica Online dengan fitur fishing. Kita bisa asik ngobrol sambil memancing untuk mendapatkan item-item bagus atau chatting dengan player lain sembari melakukan autocraft. Juga terdapat fitur My House yang didalamnya kita bisa membuat rumah kita sendiri, menghiasnya dengan berbagai macam furniture, membuat pesta, crafting, bercocok tanam, mining, dsb. Kalian juga dapat berkunjung ke rumah player lain untuk sekedar ngobrol, kumpul-kumpul ataupun mengadakan pesta (Feast) yang memberi efek buff pada char.

Sistem crafting di Atlantica Online sendiri bisa kita sebut sangat bagus. Kenapa? karena kita dapat membuat item sendiri, memperkuatnya dengan cara penggabungan, memperkuat dengan batu khusus, refine, analysis hingga memecahnya.

Atlantica Online selalu menyediakan event di setiap updatenya, jadi kita tidak harus terus-terusan mengikuti Quest yang begitu banyak, kita juga dapat mengikuti event-event yang diadakan oleh GM seperti Fishing, Quiz, Hunting, PvP dsb yang pasti ada di setiap updatenya.

Jadi, Overall, game ini memang menyita banyak waktu dengan fiturnya yang banyak dan sangat menarik untuk dicoba. Kita seperti dibawa ke dunia baru dengan unsur fantasy yang kental, dunia yang luas dan sistem yang bisa dibilang bebas untuk pemain, karaktermu adalah dirimu, jadi keputusan apa pun yang kalian pilih, itulah jalanmu.

Yang tertarik ingin main bisa langsung kunjungi website Valofe, Atlantica Online - NA

Sekian dulu sedikit Review saya tentang game Atlantica Online, jika kalian ingin menambahkan, berkomentar, atau berbagi pengalaman tentang game ini, silahkan berkomentar di bawah...


Semoga Bermanfaat ~!

Hai! Saya Reno Arifigar, seorang Blogger yang juga seorang Tech & Game Enthusiast. Saya sering berbagi di blog pribadi saya : www.renoarifigar.com

Kolom komentar bukan tempat untuk beriklan, jika anda ingin memassang iklan di blog kami, silahkan kunjungi halaman berikut : https://goo.gl/KXLj9t

Dapatkan notifikasi untuk jawaban komentar kalian dengan Check "Notify me".
EmoticonEmoticon