Wednesday 15 January 2014

Cara Mengganti Audio GTA San Andreas Menggunakan Alci's SAAT GUI FrontEnd

Hai Sahabat Rezpect Community!
Kali ini saya akan berbagi tentang Cara Mengganti Audio GTA San Andreas Menggunakan Alci's SAAT GUI FrontEnd.GTA San Andreas memiliki banyak file audio yang dibedakan menjadi 2 yaitu Sreams dan SFX. pada folder Stream ada banyak file diantaranya sebagai berikut ini...

Streams
  • AA = Radio saat menaiki mobil Polisi
  • ADVERTS = Suara-suara iklan pada radio
  • AMBIENCE = Suara Ambiens seperti Suara Air, Suara Kargo Kapal, Andromeda, dll
  • BEATS = Suara lainnya seperti musik di klub, suara misi selesai, dll
  • CH = Suara Radio Playback FM
  • CO = Suara Radio K-Rose
  • CR = Suara Radio K-DST
  • CUTSCENE = Suara saat cutscene misi dimulai.
  • DS = Suara Radio Bounce FM
  • HC = Suara Radio SF-UR
  • MH = Suara Radio Los Santos
  • MR = Suara Radio X
  • NJ = Suara Radio CSR 103.9
  • RE = Suara Radio K-Jah West
  • RG = Suara Radio Master Sounds 98.3
  • TK = Suara Radio WCTR
Dan pada folder SFX juga ada beberapa file, berikut filenya...

SFX
  • FEET = Suara Kaki Pemain
  • GENRL = Suara general sperti suara mobil, suara loading, suara senjata, dll
  • PAIN_A = Suara CJ mengeluh
  • SCRIPT = Suara saat misi (bukan pada cutscene), suara saat bertelepon, dan suara saat polisi memberitaukan kejahatan.
  • SPC_EA = Suara Penduduk, Suara Pelayan Servis Darurat
  • SPC_FA = Suara Penduduk, Suara Pacar CJ, Suara Pelayan Toko, dan suara speaker kapal boat polisi.
  • SPC_NA = Suara Penduduk, suara gangster
  • SPC_PA = Suara CJ
  • SPC_GA = Suara Penduduk
Dan pada dasarnya cara penggunaan Alci's SAAT GUI FrontEnd hampir sama dengan Alci's IMG Editor, perbedaannya hanya pada file yang di edit, jika pada Alci's IMG Editor yang di edit adalah file .IMG, tapi pada Alci's SAAT GUI FrontEnd adalah file Audio. Berikut tutorialnya..


NOTE : sebelum menginstall mod audionya, lakukanlah backup dengan cara klik export, lalu simpan file originalnya pada folder khusus backup-an GTA SA.
  • Buka Alci's SAAT GUI FrontEnd, lalu pilih folder GTA San Andreasmu.
  • Pilih GENRL (Audio Kendaraan).
  • Setelah itu pilih folder bank audio yang akan diganti, lalu replace audio original dengan audio mod. (sebagai contoh saya akan mereplace bank_69).
  •  Setelah di Replace, klik Save.
  • Replace sampai semua file mod audio terpasang dengan benar.




Alci's SAAT GUI FrontEnd 

DOWNLOAD SFX & STREAMS !
Mirror Links? dalam proses upload...

SEMOGA BERMANFAAT !

Hai! Saya Reno Arifigar, seorang Blogger yang juga seorang Tech & Game Enthusiast. Saya sering berbagi di blog pribadi saya : www.renoarifigar.com

73 comments

Work :D . kalo boleh bagi link buat download SFX nya semua, biar Full HD nihh gta ane

Nih link downloadnya bro... 8-)

> http://goo.gl/zGrXZz (o)

pelit anjinkk
niat bikin blog ngga masa cuma bisa di read doang !!!

Emang kenapa bro? blog ini kan isinya semua karya gua dan para admin lain?? 8-)
Suka-suka yang punya karya dong boleh di copas atau kaga?? :-t

Ini hasil dari jerih payah kami, u tinggal pake aja masih ga terima... :p

thanks bro
lu memang temen baik bro

gimna tuh caranya,gak ngerti gue mas ;((

Masa ga mudeng bro? kan udah jelas tutorialnya.. :D nanti saya buatin video tutorialnya deh... :d

buat video cara backup nya bro ,mungkin ada yg masih belum mudeng

Untuk backup, klik nama file / folder yang mau di backup > Klik Export (gambarnya Folder dengan Panah ke atas) :>)

kalo buat suara misi pada saat videonya gmna gan ?
masih ga ngerti ?

Suara waktu misi yang CUTSCENE gan... :>)

ya sya masih ga ngerti mengganti failenya gan :) tlong bantu ya kaka

Buka Alci's SAAT GUI ForntEnd nya, terus cari folder GTA SA agan, setelah itu pilih (double klik) jenis file audio yang mau diganti, untuk keterangannya ada di post atas, lalu cari nama bank filenya contoh : BANK_001 itu kan ada submenunya, klik (+) nya, klik nama file yang mau diganti, lalu klik Import, masukkan file mod / file penggantinya. setelah semua di replace, tinggal save lalu test in-game,

Liat videonya > https://www.youtube.com/watch?v=jVmwdmSBQGU

trus cari folder GTA syanya lewat aplikasi Alci's SAAT GUI ForntEnd nya atau di buka lewat biasa
trus klo pengn pake file CUTSCENE harus ke audio aj atau yang sesuia gan gantinya ?
maaf masih kurang ngerti gan

Nyari folder GTA SAnya dari Alci's SAAT GUI FrontEnd, kalo Cutscene nya ada di dropdown STREAM > CUTSCENE... :>)

Ane belum bisa nih Gimana ya caranya

Itu udah ada tutorial bergambar dan video tutorialnya masa belum bisa sih? :-?

bukanya gitu.pas ane buka alcinya ada tulisan gta folder was not found terus ada lagi no working directory

Iya, gini,
itu Alci waktu pertama dibuka minta u untuk nyariin folder GTA SA u, biar bisa ngerubah audio GTA nya, u tinggal nyari folder GTA SA nya, trus OK, setelah itu u bisa ngerubah audio GTA SA nya.. :>)

tapi pilih folder nya kemana

Kan ada popup, u tinggal milih folder GTA SA u.. gitu doang... :d

iya udah tapi ga kebaca filenya
:-?

Mungkin GTA SA punya u RIP, yang ga ada Audionya gan.. :>)

Oh iya mau nanya kalau ganti handling ada dile handling.cfg nya kan

gann ko kalo di save error sii ?

Error gimana? kasih gambarnya lah, di tab comment disqus... :>)

Gan Kok Pas nge exporting nya Ada Error Di bank 109

Ada screenshootnya ga bro? kalo ada coba share disini link atau ganbarnya langsung.. :d
Mungkin data audio gta san andreas u kurang lengkap.. :>)

kayaknya amalnya jelek jadi gak bisa copas. gue aja bisa HA HA (h)

maaf ya gan kalau sedikit menyinggung. kalau bisa semua postingan agan dkasih ukuran ...?? KB/MB/GB. biar tahu kalau mau download :)

Thanks masukannya gan... nanti saya tambahin, (o)

gan bisa gak klo di img tool?????

Ga bisa gan.. IMG Tool cuma buat .dff & .txd GTA SA....
Kalau Alci's SAAT GUI FrontEnd buat Audio GTA SA...
Fungsinya beda-beda... :>)

tulisannya failed to remove old sound archive...gimana ni gan????????

screenshotnya ada gan? upload di Tab Comment Disqus aja biar jelas.. tar gua bantu cariin solusi.... :>)

gua mah bank 019 sound nya ada 2 seharusnya kan ada 3 gimana solusi nya gan

ini hasil editan dengan alci,,, ane ganti sound radionya https://www.youtube.com/watch?v=kGMs3aOHv5E&feature=youtu.be

gan kok di save ngak bisa ya?

Bisa kok bro, coba diulang lagi... :>)

gan cara ganti suara di beats gimana? tolong solusinya

Caranya sama kaya tutorial diatas bro...

bisa diganti suara tembakan dijawab

Semua suara di GTA San Andreas bisa diganti pake Alci's SAAT GUI ForntEnd, termasuk suara tembakan... ^_^

Kalau untuk Android Tools nya beda lagi gan... :>)

Tapi Alci buat DFF & TXD juga bisa kok

Kok saat saya udah replace soundnya di gta saya test,malah pas mau naik kendaraan yg saya replace soundnya kok crash gan...tolong solusinya,sound yg saya replace;bank 108 & bank 109. Dan kendaraan yg saya mod;satria fu saya mod jadi ninja rr thailokk..

Klo buat andro tolsnya apaan gan

Mintak donk file save android gta sa pada misi ARE YOU GOING TO SAN FIERRO.
data gw terhapus harus ulang dr awal lagi gak seru.

Nih SaveGamenya :
Last Missions : Are You Going to San Fierro?
Platform : Android / iOS
Progress : 36.9%
Links : http://ouo.io/js0hED

punya backupnya GENRL gk?

Cek post gua yang ini bro > http://ouo.io/6HX8u

gan kok setelah ane masukin sound nya terus saya safe kok muncul tulisan "Error: Bankfile"C/Program FIles (x86)/GTAind Naufal\audio\sfx\GENRL.new"
mohon pencarahannya min

Coba u set direktori GTA San Andreas di Alci's SAAT GUI nya ke folder dimana game GTA San Andreas u terinstall, juga set folder Audio GTA San Andreas mu berada..

Contoh :
- Direktori GTA San Andreas : D:\Games\Rockstar Games\GTA San Andreas
- Folder Audio GTA San Andreas : D:\Games\Rockstar Games\GTA San Andreas\Audio

Setelah itu coba u pasang lagi mod audio yang mau dipasang... :-bd

Bro kok udah di replace di save eror gimana solusinya?tong di jawab

gan itu bisa gk pke android

Saya sendiri juga belum pernah coba, tapi pastinya ada entah itu pakai tool lain untuk modifikasi audio untuk versi mobilenya ... :-d

Kok Suaranya jadi nyasar gan? KAN SOUND YANG SAYA DOWNLOD bank_01 ane Replace nya Ke bank_01 juga Eh malah ngereplace suara mobil Yang ke ganti bukan motor (yang di tuju)

Mungkin u replace filenya ga bener bro, yang di replace salah ke suara mobil, coba di ulangi dengan lebih teliti...:D

Gan kok error.
Tulisanya "failed to remove old sound archive (C:/Program files/GTAind Naufal/GTA Extreme indonesia v6\audio\sfx\GENRL)"
Solusinya gan!!

- Buka Alci's SAAT GUI FrontEnd nya via Run As Administrator

- Clear working directorynya di menu Files (CTRL + X) lalu Set Working directory (tempat file audio) ke : C:/Program Files/Rockstar Games/GTA San Andreas/Audio

- Clear juga Directory GTA nya ke : C:/Program Files/Rockstar Games/GTA San Andreas

Lalu coba ulangi lagi seperti di videonya...

bro ini kenapa pas gw pencet GNRL ya kgk bisa malah keluar tulisan Error creating directory for bank 1 of archive GENRL dan Error: No such file or directory

Bro mau nanya apa bisa kita ngereplace suara yang banyak sekaligus. Soalnya ane pegel harus nge replace satu satu. Apalagi ane replace suara script bank 1 yag isinya ada 164 suara dan itu ane mau replace semuanya kan pegel klo satu satu?

Bg kok gak bisa di save ya katanya suruh hapus arsive lama

kalo file format nya osw gimna cara export sond di dalam nya

Kolom komentar bukan tempat untuk beriklan, jika anda ingin memassang iklan di blog kami, silahkan kunjungi halaman berikut : https://goo.gl/KXLj9t

Dapatkan notifikasi untuk jawaban komentar kalian dengan Check "Notify me".
EmoticonEmoticon