Sunday 20 July 2014

Dampak Positif dan Negatif Bermain Game Online

Hai Sahabat Rezpect Community!
Pada post ini saya ingin sedikit membahas tentang  "Dampak Positif dan Negatif Bermain Game Online". Pasti banyak dari kalian yang sudah pernah bermain yang namanya Game Online. Ya, game online ini berbeda dengan game-game lain, karena di game online, kita bermain dengan player-player lain secara langsung, tidak seperti game offline, kita hanya bermain sendiri dengan ditemani banyak NPC. Di game online, kita bisa bermain bersama dengan player lain, membuat Party, Group, ikut komunitas Guild, menjelajahi Dungeon bersama. Namun, pastinya segala sesuatu itu memiliki dampak Positif dan Negatif, nah oleh karena itu saya kali ini berbagi tentang Dampak Positif dan Negatif Bermain Game Online menurut sepengetahuan saya..

Berikut ini beberapa dampak positif bermain game online..
  • Menghindarkan dari penyakit kanker mata. Menurut salah satu post yang pernah saya baca di internet. Ternyata bermain game itu dapat menghindarkan mata (anak-anak sampai remaja) dari penyakit kanker mata. (coba cari di google kalau tidak percaya)
  • Memiliki banyak teman baru. Seperti yang sudah saya katakan tadi, di game online kita bisa bermain bersama player lain, ikut Party, Guild dsb. Nah biasanya, para player akan mencari teman bermain di game online yang bisa menemani dan membantu mereka bermain selama mereka log in. Nah dengan mengikuti guild, mereka mendapat teman baru dan juga pengalaman baru dalam game.
  • Sering Menabung. Nah, biasanya para player game online sering mengumpulkan uang mereka / menabung uang mereka nih untuk membeli item, membeli mata uang game dan untuk memperkuat Character mereka di game online favorit mereka. Biasanya mereka tidak akan ragu-ragu untuk mengeluarkan uang banyak demi Char mereka.
  • Mudah diajak berbicara & bercanda. Mungkin inilah salah satu kelebihan para gamers, khususnya para gamers game online, mereka itu mudah diajak bercanda.. Di game online, seringkali para player Jenuh, Stress, Bingung dsb. Untuk mengatasi itu, biasanya mereka ngobrol dengan player lain untuk sekedar refreshing, bercanda, atau bertukar pikiran dan sejenak melupakan Quest / Misi-misi yang sulit.
  • Setia. Para gamers game online ini cenderung setia, setia yang bagaimana? nah, player-player game online biasanya kalau sudah suka, sudah nyaman dengan sesuatu (mungkin Guild, Party atau mungkin dengan player lain o.O , dsb) mereka cenderung akan setia dan selalu bersama dengan yang dia sukai. Terutama untuk para player game MMORPG.
  • Saling Menolong. Sering kali, para player game online (biasanya player game online MMORPG) yang berlevel tinggi sering menolong / membantu para player Newbie / Pemula untuk menyelesaikan Quest / Misi-misi, Dungeon sulit. Terkadang juga ada player yang kaya memberikan item-item mereka yang tidak terpakai kepada player lain yang membutuhkan secara cuma-cuma.
  • Dsb. (silahkan kalian coba bermain game online) :v
Berikut dampak negatifnya..
  • Kurang bergaul dengan orang sekitar. Nah, sering kali, karena terlalu asik dan terlalu fokus dengan game onlinenya, para player game online malah kurang bergaul dan kurang mengenal dengan orang-orang yang berada di lingkungan sekitarnya. Terkadang mereka disapa tetangganya, tetapi mereka sendiri tidak tau siapa yang menyapa mereka, padahal yang menyapa tetangganya sendiri. (Semoga kalian tidak seperti ini ya bro... )
  • Boros. Ini dia yang sering terjadi pada para player game online. Sering kali mereka tidak memikirkan keuangan mereka, mereka menggunakan semua uang yang mereka punya untuk bermain game online dan untuk membeli item-item untuk char game online mereka.
  • Sering mengejek / mengolok-olok player lain. Hal ini sering kali dilakukan oleh para player yang masih bocah & player yang banyak ngoceh. Mereka merasa paling hebat diantara para player lain, mereka sering kali mengolok-olok para player yang baru main alias newbie, padahal dia sendiri berani main cuma di server newbie / server player baru. 
  • Merusak Kesehatan. Hal ini sering terjadi pada para player game online yang terlalu berambisi / terlalu memiliki niat atau tujuan yang berlebihan, seperti "harus mencapai level 25 dalam 1 jam !! :v" atau "hari ini gua harus sampe level 60!!". Nah, hal itu membuat para player ini memaksakan diri untuk terus bermain padahal kondisi mereka sendiri sudah kecapek'an, ngantuk berat, kelaparan atau sebagainya. Dan juga bermain game terlalu lama dapat merusak kesehatan mata dan tubuh, karena terlalu lama melihat layar monitor tanpa istirahat dan terlalu lama duduk di depan pc.
  • Lupa Waktu. Hal ini adalah hal yang sering terjadi di kalangan gamers. Mereka terlalu asik dengan game mereka sehingga mereka lupa waktu. Sebaiknya kalian menjadwal / menata waktu diantara untuk bermain game, dan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.
  • Menjadi Pemalas. Sering kali, karena terlalu ketagihan dengan game-nya, para player menjadi pemalas, karena mereka masih ingin dan terlalu memikirkan game mereka. Mereka jadi malas melakukan pekerjaan lain.
  • Ketagihan. Karena terlalu suka dengan game mereka, Para player game online menjadi ketagihan dan terus ingin bermain game, terkadang sampai mengenyampingkan pekerjaan lain dan selalu mengutamakan game mereka yang tidak selesai-selesai, dan mereka pun menjadi tidak ragu-ragu untuk menghabiskan uang mereka hanya untuk bermain game online.
  • Dan sebagainya..
Itulah post saya kali ini tentang"Dampak Positif dan Negatif Bermain Game Online". Jika kalian ingin menambahkan, silahkan berkomentar dibawah. Dan semoga post saya ini dapat membuat kalian para gamer sadar dan untuk yang bukan gamer, semoga bisa tau, ternyata main game itu ada dampak positifnya... terima kasih dan, 


SEMOGA BERMANFAAT !

Hai! Saya Reno Arifigar, seorang Blogger yang juga seorang Tech & Game Enthusiast. Saya sering berbagi di blog pribadi saya : www.renoarifigar.com

Kolom komentar bukan tempat untuk beriklan, jika anda ingin memassang iklan di blog kami, silahkan kunjungi halaman berikut : https://goo.gl/KXLj9t

Dapatkan notifikasi untuk jawaban komentar kalian dengan Check "Notify me".
EmoticonEmoticon