Saturday 14 March 2015

Cara Mempercepat Pengisian Baterai (Charge) Smartphone

Hai Sahabat Rezpect Community!
Pada post ini saya mau membahas tentang "Cara Mempercepat Pengisian Baterai (Charge) Smartphone". Terkadang beberapa smartphone lama sekali saat di charge tapi sangat cepat habis batrainya, tapi kita sangat perlu smartphone untuk berkomunikasi dengan orang lain atau untuk sekedar hiburan. Oleh karena itu kita perlu mempercepat charge smartphone agar bisa kita gunakan lagi walau hanya mempercepat prosesnya 10% -20%. Berikut adalah beberapa caranya..
  • Matikan Smartphone saat proses Charge
    Dengan mematikan Smartphone tentunya baterai tidak digunakan sama sekali untuk operasional smartphone seperti mencari sinyal, maka proses pengisian baterai smartphone tentunya lebih cepat.
  • Gunakan Airplane Mode saat proses Charge
    Menggunakan mode Airplane juga bisa mempercepat proses pengisian baterai karena dalam mode airplane beberapa proses seperti pencarian sinyal dan proses aplikasi seperti BBM & WhatsApp dimatikan, maka proses pengisian baterai menjadi lebih cepat, bahkan bisa sampai 12% lebih cepat.
  • Rawat Baterai Smartphone kalian
    Ini adalah hal yang perlu kalian ketahui dan kalian perhatikan karena hal ini sering disepelekan orang. Jika kalian menggunakan smartphone hingga baterai benar-benar habis atau sampai 0%, maka itu akan memperpendek umur baterai smartphone kalian. Jadi sebelum mencapai 0% cepat isi baterai kalian lagi, minimal jika sudah mencapai 5% dan jangan terus paksa baterai smartphone kalian hingga blank 0%. Dan lakukan Kalibrasi baterai satu minggu sekali, dengan cara habiskan baterai hingga 0% lalu isi kembali dengan keadaan smartphone mati hingga penuh 100%, itu akan membuat baterai smartphone kalian sehat dan awet. 
  • Jangan Menggunakan Kabel USB
    Mengisi baterai smartphone menggunakan kabel USB / kabel data bukan solusi yang tepat saat smartphone kehabisan daya. Karena mengisi baterai menggunakan Kabel USB justru membuat proses pengisian daya lambat karena kabel USB hanya mengambil daya sekitar 0,5 ampere saja, karena gunanya kabel USB bukan untuk mengisi daya, tapi untuk mengirim data. Tetapi jika menggunakan Charger Original maka proses pengisian akan lebih cepat karena pihak vendor sudah menghitung seberapa besar tegangan dan aliran arus yang pas untuk perangkatnya. Selain cepat, menggunakan charger original juga membuat baterai smartphone kalian lebih awet.
  • Dinginkan Betrai Smartphonenya
    Kebanyakan smartphone sekarang ini menggunakan jenis baterai Lithium-Ion yang mempunyai perinsip sangat sederhana, yaitu bila baterainya dalam suhu dingin, maka proses pengisiannya lebih cepat. Maka, jika smartphone kalian memiliki baterai jenis Lithium-Ion maka salah satu cara mempercepat proses charge adalah dengan membuka casing belakang smartphone dan biarkan baterainya dingin. Tapi jangan sembarangan menaruh smartphone kalian, taruh di tempat bersuhu sekitar 25 derajat celcius agar baterai tetap dingin dan tidak kepanasan,
Semoga dengan post ini kita lebih bisa merawat dan menggunakan baterai smartphone kita dengan baik, benar dan efisien. 

SEMOGA BERMANFAAT !

Hai! Saya Reno Arifigar, seorang Blogger yang juga seorang Tech & Game Enthusiast. Saya sering berbagi di blog pribadi saya : www.renoarifigar.com

2 comments

Wah bagus nih infonya :D Boleh dicoba tuh, thanks gan...

Terima Kasih sudah mampir bro...

Kolom komentar bukan tempat untuk beriklan, jika anda ingin memassang iklan di blog kami, silahkan kunjungi halaman berikut : https://goo.gl/KXLj9t

Dapatkan notifikasi untuk jawaban komentar kalian dengan Check "Notify me".
EmoticonEmoticon